Love begins with me

Kindly support and empower albinism community in Indonesia

Should you feel moved to assist our albinism community,we would really appreciate it Bank BCA account no : 6130098876 Thank you for your benevolence and generosity God bless you more

Thursday, January 28, 2010

Albinisme (albino)



KEUNIKAN YANG TERCIPTA DALAM PENDERITAAN HIDUP
Excerpted from Anang's blog

Ia memang terlahir dengan kulit putih, meski kedua orang tuanya bukan dari ras kaukasoid layaknya orang Eropa pada umumnya. Rambutnya pun putih seperti uban padahal usianya belum menginjak dua digit. Bulu mata dan semua yang ada padanya putih sama sekali tak mencirikan kedua orang tuanya yang seorang warga Indonesia. Hanya saja ada satu ciri yang sangat kental dengan fisik orang Indonesia, hehehe.. Hidung ala kadarnya khas Indonesia sangat mencolok dari wajah 'bule'-nya. Tidak bisa menipu!



Aris

Namanya Aris, dan tidak ada hubungannya dengan Aris pengamen KRL yang sedang pentas di ajang spektakuler Indonesian Idol tahun ini hehe... Aris yang ini adalah seorang murid sekolah dasar yang baru menginjak kelas satu menjelang kenaikan kelas menuju kelas dua. Ia hidup di kawasan yang jauh dari perkotaan. Ibu dan bapaknya hanya seorang petani biasa di kampung. Kebetulan Aris adalah murid dari Ibuku yang mengajar di sekolah tersebut. Tinggi badannya sama atau seukuran dengan teman-teman sebaya lainnya. Hanya saja, kulit putih dan semua yang serba putih itu memudahkan orang untuk membedakan dari teman-temannya.

Budaya orang Indonesia yang umumnya memiliki kulit sawo matang adalah menginginkan kulitnya lebih putih. Begitupun dengan orang bule yang aslinya kulitnya putih berjemur di terik matahari dengan hanya sehelai kain yang membalut piranti vital mereka, atau malah sama sekali tak memakai seperti video voyeur hasil bidikan kameramen usil bin jahil yang mengkoleksi kemolekan tubuh yang tergelar di atas pasir itu hahahahaha....

Ataukah ini mungkin memang tanda-tanda kebesaran dari Yang Maha Segala, bahwa kita harus mensyukuri apa yang telah kita punya. Ia menciptakan keberagaman untuk saling mengenal. Kulit hitam, putih, merah, dll. Lalu, diciptakannya sosok manusia dengan wujud fisik yang jauh berbeda dari keluarganya, khususnya ayah dan ibu yang melahirkannya. Yang sesungguhnya sosok 'aneh' ini memang diciptakan dengan ketidaksempurnaannya agar orang-orang percaya pada kebesaran-Nya.

Aris, diciptakan dengan kekurangan pada wujud uniknya. Ia terlahir sebagai albino atau albinism. Albino disebabkan kekurangan pigmen atau zat warna yang ada pada kulit, mata dan rambut. Merupakan sifat turunan yang diwariskan dari gen orang tua. Karenanya, ia tak bisa bergerak bebas seperti teman sebayanya karena kulit dan matanya sangat rentan dan sensitif terbakar terhadap sinar matahari. Sehingga jarang sekali melihatnya bermain-main di bawah cahaya mentari yang terik menyengat. Untuk keluar rumah pun harus memakai jaket dan kacamata hitam yang bisa menghindarkannya dari serangan sinar matahari. Pun matanya pun memiliki kelainan seperti rabun dan juling serta tak tahan melihat cahaya terang.

Sementara itu, tak sedikit anggapan yang salah tentang albino ini di masyarakat kita. Mitos ini misalnya albino adalah keturunan setan, atau karma perbuatan orang tuanya, penyakit menular, dan bahkan ada juga yang mempercayai bahwa seorang albino ini memiliki kekuatan magic, supranatural atau gaib. Beginilah kultur masyarakat kita yang kadang mengkeramatkan sesuatu yang 'unik' dan 'aneh' tapi nyata. Budaya purba yang percaya hal-hal klenik masih melekat erat.

Menjadi orang albino seperti Aris ini pun tidak mudah. Kelainan yang membuatnya tampak berbeda dengan orang sekitarnya malah terkadang membuatnya stress dan tertekan, karena selalu menjadi pusat perhatian orang.

Satu kata buat Aris untuk tetap sabar dan tegar menjalani hidup ini. Jadikan kekuranganmu sebagai kelebihan yang orang lain tak memilikinya.

Albinisme (albino)
DEFINISI
Albinisme bukanlah penyakit kulit , melainkan suatu kelainan keturunan yang jarang ditemukan dimana tubuh tidak dapat membentuk melanin. Albinism is not a skin disease it is a genetic condition ,it also effects hair and eyes.


Orang yang menderita albinisme disebut albino.


PENYEBAB
Dalam keadaan normal, suatu asam amino yang disebut tirosin oleh tubuh diubah menjadi pigmen (zat warna) melanin.
Albinisme terjadi jika tubuh tidak mampu menghasilkan atau menyebarluaskan melanin karena beberapa penyebab. Secara khusus, kelainan metabolisme tirosin menyebabkan kegagalan pembentukan melanin sehingga terjadi albinisme.


Albinisme bisa diturunkan melalui beberapa pola, yaitu resesif autosom, dominan autosom atau X-linked.


# Kelainan lainnya yang berhubungan dengan albinisme parsial atau albinisme terlokalisir (hilangnya pigmen hanya pada daerah tertentu): Sindroma Waardenberg (rambut di dahi berwarna putih atau salah satu maupun kedua iris tidak memiliki pigmen)
# Sindroma Chediak-Higashi (pigmentasi kulit berkurang secara difus tetapi tidak total)
# Sklerosis tuberosa (terdapat bintik putih yang kecil dan terlokalisir)
# Sindroma Hermansky-Pudlak (albinisme menyeluruh disertai kelainan perdarahan).


GEJALA
Albinisme komplit terjadi jika sama sekali tidak ditemukan pigmen pada rambut, mata dan kulit (disebut juga albinisme okulokutaneus tanpa tirosin), sehingga rambutnya putih, matanya pink dan kulitnya pucat.
Merupakan jenis albinisme yang paling berat.
Penderita memiliki rambut, kulit dan iris mata yang berwarna putih, disertai gangguan penglihatan.
Penderita juga mengalami fotofobia (takut sinar matahari) dan mudah mengalami luka bakar karena matahari serta bisa menderita kanker kulit karena tidak memiliki melanin yang berfungsi melindungi kulit terhadap sinar matahari.



Albinisme okuler adalah jenis albinisme yang hanya menyerang mata.
Warna kulit biasanya normal dan warna mata juga masih dalam batas normal, tetapi pemeriksaan retina menunjukkan bahwa retina tidak memiliki pigmen.

Albinisme komplit biasanya disertai oleh beberapa dari gejala berikut:
- pergerakan mata yang sangat cepat (nistagmus)
- strabismus (juling)
- penurunan ketajaman penglihatan
- kebutaan fungsional.

DIAGNOSA
Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan fisik.
Untuk memperkuat diagnosis bisa dilakukan pemeriksaan retina ole dokter ahli mata.

Elektroretinogram adalah suatu pemeriksaan yang dilakukan untuk menentukan gelombang otak yang dihasilkan oleh cahaya di dalam mata dan bisa menunjukkan adanya kelainan pada sistem penglihatan dari penderita albinisme okuler.

PENGOBATAN
Kulit dan mata harus dilindungi dari sinar matahari.
Kacamata anti UV bias meringankan fotofobia.

Resiko luka bakar karena matahari bisa dikurangi dengan cara menghindari sinar matahari langsung, memakai tabir surya atau memakai pakaian pelindung.
Sebaiknya digunakan tabir surya dengan SPF (sun protection factor yang tinggi.

PENCEGAHAN
Seseorang dengan riwayat keluarga albinisme sebaiknya melakukan konsultasi genetik agar keturunannya tidak ada yang menderita albinisme.





45 comments:

  1. oya bisa dijelaskan ga, brp persentase individu albino di indonesia?

    ReplyDelete
  2. saya ingin sekali belajar tentang albino,,adakah yang mau berbagi???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Icha saya albino ada kah yg seperti saya?

      Delete
    2. Ini PIN BB Trio Albino 5502D839

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
  3. aku memiliki seorang kekasih yang albinisme,.
    terkadang kepercayaan diri'x turun saat bertemu dengan kawand2Q, saat bersama'x aku tahu bahwa dunia ini penuh warna sekalipun mereka kekurangan warna,.
    Mempelajari pertahanan kehidupan, dia yang membuat ku sadar hidup harus berjuang di tengah ke anehan yang terjadi pada'x,.
    BUT IT IS MAkE ENJOYED WITH HIM,.

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya bangga neng ....ane bhkn smpat mikir pny istri albino!!!!

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. Hi ini PIN BB Saya ...
      Trio Albino 5502D839
      Bagi yg mau berteman.

      Delete
    5. Hai Kiky Ramadhani. Saya Shanaz Nadia mahasiswa magister profesi psikolog di Untag (Universitas 17 Agustus 1945) surabaya. Saat ini saya sedang mendalami sebuah terapi psikologi yg akan diterapkan kepada para penderita albino untuk menurunkan tingkat stress/ tekanan yg dihadapi sebagai penderita albino, serta dapat membantu meningkatkan pengembangan diri bagi para penderita. Jika mengetahui asosiasi/perkumpulan/komunitas albino di Indonesia, atau berkenan untuk mengikuti sesi terapi bersama saya mohon untuk menghubungi saya melalui email: shanaznadia@gmail.com
      Kegiatan ini tidak dipungut biaya sepeserpun.

      Delete
  4. Aku juga adalah seorang albino wanita....
    setiap hari aku menjalani hidupku dengan penuh keanehan dan terkadang rasa percaya diriku turun saat bertemu dgn banyak org...
    setiap aku berbaur di keramaian, semua orang melihat aq seperti melihat seseorang yg aneh....
    aq selalu mempunyai masalah kulit terutama wajah yg sangat rentan merah2....
    tp aq yakin allah menciptakan aq punya mksd trsendiri. Dan semoga suatu hari org2 disekelilingku dapat memahami aq.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tetap semangat ya... you are beautifull just the way you are, cantik jelek unik aneh itu relatif, tapi kalau mulianya hati seseorang itu harga mati, biarlah kamu berbeda dari yang lain, nilai seorang manusia itu dipandang dari manfaatnya bagi sesama, semoga orang2 disekitarmu bisa lebih terbuka dengan segala perbedaan. :)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. Cassanova, kita berteman saja ini PIN BB saya:
      Trio Albino 5502D839

      Delete
    5. Hai Casanova. Saya Shanaz Nadia mahasiswa magister profesi psikolog di Untag (Universitas 17 Agustus 1945) surabaya. Saat ini saya sedang mendalami sebuah terapi psikologi yg akan diterapkan kepada para penderita albino untuk menurunkan tingkat stress/ tekanan yg dihadapi sebagai penderita albino, serta dapat membantu meningkatkan pengembangan diri bagi para penderita. Jika mengetahui asosiasi/perkumpulan/komunitas albino di Indonesia, atau berkenan untuk mengikuti sesi terapi bersama saya mohon untuk menghubungi saya melalui email: shanaznadia@gmail.com
      Kegiatan ini tidak dipungut biaya sepeserpun.

      Delete
  5. Gan, Aris tinggal dimana? Dari dulu saya pengen bikin film dokumenter tentang kehidupan albino di Indonesia buat tugas akhir.

    ReplyDelete
  6. aku jg punya seorang kekasih seorang albinism. Aku bisa mrasakan perasaanya saat smua org mmandangnya dg aneh. Tpi aku bangga pdnya, prestasi yg ia miliki mampu menutupi kekuranganya, dan tdk ada alasan utk org2 merendahkanya. Aku sayang dia. Kini dia trlihat pcaya diri, aku rindu dia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Tutie Ashari. Saya Shanaz Nadia mahasiswa magister profesi psikolog di Untag (Universitas 17 Agustus 1945) surabaya. Saat ini saya sedang mendalami sebuah terapi psikologi yg akan diterapkan kepada para penderita albino untuk menurunkan tingkat stress/ tekanan yg dihadapi sebagai penderita albino, serta dapat membantu meningkatkan pengembangan diri bagi para penderita. Jika mengetahui asosiasi/perkumpulan/komunitas albino di Indonesia, atau berkenan untuk mengikuti sesi terapi bersama saya mohon untuk menghubungi saya melalui email: shanaznadia@gmail.com
      Kegiatan ini tidak dipungut biaya sepeserpun.

      Delete
  7. Saya jg yermasuk org albino,kalau di indonesia ini ada komunitas untuk kami pasti akan seru sekali. Bisa bertukar pengalaman. Tapi setau sayq blm ada komunitas untuk org qlbino di indoneeiq. Bagaimana kalau di buat saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Hi Rina... salam kenal aku juga albino.
      Punya rencana yg sama.
      Mari berteman, ini PIN BB Trio Albino 5502D839.
      Kita buat komunitasnya.

      Delete
    4. Hai Rinna. Saya Shanaz Nadia mahasiswa magister profesi psikolog di Untag (Universitas 17 Agustus 1945) surabaya. Saat ini saya sedang mendalami sebuah terapi psikologi yg akan diterapkan kepada para penderita albino untuk menurunkan tingkat stress/ tekanan yg dihadapi sebagai penderita albino, serta dapat membantu meningkatkan pengembangan diri bagi para penderita. Jika mengetahui asosiasi/perkumpulan/komunitas albino di Indonesia, atau berkenan untuk mengikuti sesi terapi bersama saya mohon untuk menghubungi saya melalui email: shanaznadia@gmail.com
      Kegiatan ini tidak dipungut biaya sepeserpun.

      Delete
  8. seram dan mengagumkan, sungguh luarbiasa ciptaan tuhan..
    by Agen Bola

    ReplyDelete
  9. Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Saya juga albino... mari berteman ini PIN BB Trio Albino B5502D839

      Delete
    4. Hai Syaripah Aini. Saya Shanaz Nadia mahasiswa magister profesi psikolog di Untag (Universitas 17 Agustus 1945) surabaya. Saat ini saya sedang mendalami sebuah terapi psikologi yg akan diterapkan kepada para penderita albino untuk menurunkan tingkat stress/ tekanan yg dihadapi sebagai penderita albino, serta dapat membantu meningkatkan pengembangan diri bagi para penderita. Jika mengetahui asosiasi/perkumpulan/komunitas albino di Indonesia, atau berkenan untuk mengikuti sesi terapi bersama saya mohon untuk menghubungi saya melalui email: shanaznadia@gmail.com
      Kegiatan ini tidak dipungut biaya sepeserpun.

      Delete
  10. Hi my name is Riva from PannaFoto Institute. Who's the representative of this community? How to contact? Im planning to do a documentary about albino in Indonesia.

    regards,

    Riva

    ReplyDelete
  11. Selamat sore. Saya Shanaz Nadia mahasiswa magister profesi psikolog di Untag (Universitas 17 Agustus 1945) surabaya. Saat ini saya sedang mendalami sebuah terapi psikologi yg akan diterapkan kepada para penderita albino untuk menurunkan tingkat stress/ tekanan yg dihadapi sebagai penderita albino, serta dapat membantu meningkatkan pengembangan diri bagi para penderita. Jika mengetahui asosiasi/perkumpulan/komunitas albino di Indonesia, mohon untuk menghubungi saya melalui email: shanaznadia@gmail.com
    Selain itu saya juga melayani untuk konseling, psikoterapi, dan terapi untuk anak berkebutuhan khusus. Untuk area Surabaya-Sidoarjo-Kediri.

    ReplyDelete
  12. Saya punya anak perempuan albino, usia 2 tahun ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal mbak, bolehkah berbagi pengalaman nya?., terima kasih

      Delete
  13. Hai sebenarnya Orang kulit putih Eropa adalah juga ALBINO

    Ini Sedikit Informasi kenapa saya katakan orang Eropa adalah Albino Mereka Adalah Albino Tipe OCA2 yaitu Rambut Pirang mata Biru , Hijau, Abu-abu

    Sedangkan OCA1 adalah mata merah rambut putih atau pirang

    ini cirinya tapi dalam bahasa Inggris
    Types of Albinism
    Oculocutaneous albinism (OCA) involves the eyes, hair and skin.



    Oculocutaneous type 1A
    Oculocutaneous type 1B
    Oculocutaneous type 2
    Oculocutaneous type 3
    Oculocutaneous type 4

    What type are you?

    There are as many as 10 types of the most common form of the condition, known as "oculocutaneous albinism," which affects the eyes, hair, and skin. In its most severe form hair and skin remain pure white throughout life. People with a less severe form(all white people), are born with white hair and skin, which turn slightly darker as they age. Everyone with oculocutaneous experiences sensitivity to bright light. There may be other eye problems as well, including poor vision and crossed or "lazy" eyes (strabismus).

    OCA1 is caused by an alteration of the tyrosinase gene, and can occur in two variations. The first is OCA1a, and means that the organism cannot develop pigment at all. The hair is usually white (often translucent) and the skin very pale. Vision usually ranges from 20/200 to 20/400.

    The second is OCA1b, which has several subtypes itself. Some individuals with OCA1b can tan and also develop pigment in the hair.[4][verification needed] One subtype of OCA1b is called OCA1b TS (temperature sensitive), where the tyrosinase can only function below a certain temperature, which causes the body hair in cooler body regions to develop pigment (i.e. get darker). (An equivalent mutation produces the coat pattern in Siamese cats[citation needed].) Another variant of OCA1b, called Albinism, yellow mutant type (OMIM: 606952) is more common among the Amish than in other populations, and results in blonde hair and the eventual development of skin pigmentation during infancy, though at birth is difficult to distinguish from other types. About 1 in 40,000 people have some form of OCA1

    OCA2 The most common type of albinism, is caused by mutation of the P gene. People with OCA2 generally have more pigment and better vision than those with OCA1, but cannot tan like some with OCA1b. A little pigment can develop in freckles or moles. People with OCA2 usually have fair skin, cna tstill tan but not as pale as OCA1, and pale blonde to golden or reddish-blonde hair, and most commonly blue eyes--- yellow hair, pale skin, and blue, gray or hazel eyes.




    ReplyDelete

  14. Albino is a genetic disorder, not a disease and the infection can not be transmitted through contact
    http://www.suksestoto.com/

    ReplyDelete
  15. Halo...

    Salam Kenal semua. Saya Katinka Producer video clip dari jakarta. bisa cek nama saya di google yah, katinka pulungan.

    Saya sedang ada project video clip, dan sedang mencari karakter seorang albino untuk shuting di tanggal 22 januari 2017 ini.

    Apabila ada yang berminat mohon kontak saya secepatnya di 082299332765 yah..

    Maaf saya tidak bisa share disini tentang deskripsi lengkap project nya karena confidential, dan bukan untuk di share di publik, lebih baik langsung hub saya biar bisa saya jelaskan lebih lanjut.

    Terimakasih

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. halo.. saya punya bayi albino usia 5 bulan.. saya bangga dengan kelebihan yg dia miliki dan saya tidak melihatnya sbg kekurangan. hanya saja saya masih merahasiakan dikarenakan saya takut orang2 beranggapan buruk tentang dia.

    ReplyDelete
  18. Hai, salam kenal saya juga wanita albino, bisa hub saya di WA 085358163167 atau pin bb 5d73098b

    ReplyDelete
  19. Hallo semua, saya lagi ada penelitiaan nih, teman teman ada yang bisa bantu saya hehe mau wawancara via WA??

    ReplyDelete
  20. Hallo semua, saya lagi ada penelitiaan nih, teman teman ada yang bisa bantu saya hehe mau wawancara via WA??

    ReplyDelete
  21. bisa hubungi admin @albinoindo_official di ig

    ReplyDelete